Senin, 02 Juni 2014

Bagaimana Memilih Laptop yang Baik untuk Mahasiswa

Bagi mahasiswa, laptop sudah seperti kebutuhan primer. Banyak hal yang harus dikerjakan dengan laptop, seperti membuat laporan, browsing bahan tugas, menjalankan beberapa software penunjang kuliah, dan lain sebagainya. 

Lalu, seperti apa sih laptop yang paling oke buat mahasiswa?

1. Harga sesuai budget.
Mereka menentukan terlebih dahulu budget yang bisa dikeluarkan. Mereka mencari laptop yang harganya masih berada dalam kisaran budget, syukur kalau lebih sedikit yang bisa dikeluarkan dari budget tersebut.

2. Merek laptop terkenal.
Biasanya pencarian itu dimulai dari merek-merek yang sudah mereka kenal, seperti BenQ, Acer, Asus, HP, Lenovo, Dell, dan Toshiba. Merek terkenal sering dikaitkan dengan kemudahan support-nya, baik servis software dan hardware, maupun upgrading.

3. Fasilitas/Spesifikasi laptop.
Setelah menemukan laptop yang sesuai dengan budget, saatnya membandingkan fasilitas yang ada. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan awal :
  • Kekinian tipe processor. Yang terbaru dari Intel kalau tidak salah i7 (ini juga harus pesan terlebih dahulu, jarang ready stock), jadi turun satulah menjadi i5.
  • Spesifikasi memori (RAM), 4-6 GB dan DDR3 1333 MHz.
  • Grafik gambar, biasanya untuk para gamer dan desainer yang memperhatikan grafik gambar. Kalau kata mereka sih, mereka milih yang ada Intel HD Graphic Processor.
  • Storage, media penyimpanan ini diperhatikan banget, bukan untuk kebutuhan kuliah saja ternyata, tapi juga untuk menyimpan game dan video.
  • Perangkat umum, adanya Wi-Fi, Bluetooth, resolusi kamera, dan audio.
  • Ketahanan baterai. Semakin lama baterai bertahan maka semakin gampang dibawa ke mana-mana tanpa harus pusing mencari colokan listrik.
  • Awet. Dengan awetnya laptop, maka kita dapat berhemat, baik untuk perbaikan ataupun untuk membeli laptop baru.


4. Pilih Sesuai Kebutuhan
Spesifikasi laptop yang di butuhkan oleh mahasiswa tentu saja berbeda dengan yang di butuhkan oleh pengusaha. Mahasiswa ataupun pelajar mungkin banyak yang membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas-tugasnya, jadi tidak dibutuhkan jenis laptop dengan spec yang sangat tinggi. Yang penting cukup untuk menyimpan data dan fitur-fitur multimedia lainnya untuk sekedar browsing, dengerin musik dan nonton film.

5. Beli di Toko Terpercaya
Membeli laptop harus dari toko yang terpercaya. Coba cari informasi dari teman atau sahabat yang sudah berpengalaman membeli laptop dan minta rekomendasi toko yang bisa dipercaya. Jangan percaya dengan ‘janji manis’ para sales laptop yang belum diketahui asal-usul barang yang dijualnya.

6. Perhatikan Garansi
Merk laptop yang baik selalu memiliki garansi resmi. Jangan membeli laptop yang tanpa garansi resmi. Karena hal tersebut akan membuat rumit jika berurusan dengan bagian purna jual. Pastikan juga garansi tersebut dikirim ke vendor atau produk tersebut telah terregistrasi.

7. Cek Kelengkapannya
Segera cek kelengkapan laptop yang baru saja kita beli. Pastikan laptop dalam keadaan tersegel baik di luar maupun dalam. Jangan terima jika segel dalam keadaan terbuka.


-memenuhi tugas pertama aplikasi komputer-

0 komentar:

Posting Komentar